Pengertian dan Cara Mengitung Rumus HPHT dengan Mudah

Menghitung usia kehamilan bagi Anda yang baru mengalami kehamilan pertama mungkin akan mengalami kesulitan. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus HPHT. Berikut pengertian dan cara untuk menghitung usia kehamilan dengan menggunakan rumus tersebut.

  1. Pengertian HPHT

Bagi Anda yang belum mengenal HPHT, maka ini adalah jawabannya. HPHT merupakan sebauh singakatan yang memiliki kepanjangan Hari Pertama Haid Terakhir. HPHT tersebut dapat berarti hari pertama pada saat Anda haid datang pada bulan terakhir sebelum Anda tidak mengalami haid lagi.

HPHT tersebut sangat erat kaitannya dengan HPL atau Hari Perkiraan Lahir. Namun, pada umumnya juga dapat disebut dengan HTP atau dengan kepanjangan Hari Tafsiran Persalinan. Perhitungan usia kehamilan dengan menggunakan HPHT harus dilakukan bagi ibu yang memiliki siklus haid teratur.

  1. Cara Perhitungan dengan Menggunakan Rumus

Kehamilan dengan menggunakan istilah trimester pertama merupakan masa kehamilan dengan usia kandungan tersebut 0 hingga 12 minggu dapat dihitung dari mulai hari pertama haid terkahir dan dpaat diketahui tanggal perkiraan persalinan yang akan dilakukan.

Rumus HPHT biasa disebut dengan rumus Negele yang sangat populer digunakan untuk menghitung usia kehamilan bagi ibu yang mengandung. Cara untuk menghitungnya tidaklah sulit dengan hasil perhitungan yang cukup akurat bagi Anda.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Anda adalah dengan mengansumsikan Hari Pertama Haid Terakhir dengan menggunakan huruf x, sedangakan untuk bulan dapat dimisalkan dengan menggunakan huruf y, untuk tahun dimisalkan dengan menggunakan huruf z.

Bila bulan ketika Anda menajalani HPHT tersebut mempunyai angka yang lebih besar daripada 3, maka Anda dapat menggunakan rumus (x + 7) – (y – 3) – (z + 1). Namun, bila bulan yang telah dijalani HPHT dalam kenyataannya kurang dari 3, maka sebaiknya Anda menggunakan rumus (x + 7) – (y + 9) – (z).

Contoh dari pengaplikasian rumus tersebut untuk menghitung usia kehamilan yang dimiliki oleh Anda sangatlah mudah. Sebai contoh misalh HPHT yang Anda jalani atau dimiliki adalah pada tanggal 15 April 2019, maka dengan menggunakan rumus tersebut dapat dihitung usia kehamilannya.

Perhitungan usia kehamilan tersebut adalah (15 + 7) – (4 -3) – (19 + 1). Dalam hitungan tersebut dapat diketahui perkiraan buah hati yang dimiliki oleh Anda akan lahir pada tanggal 22 Januari 2020 atau sangat sesuai dengan usia kehamilan yang baik yakni pada usia kehamilan 40 minggu.

Itulah cara yang digunakan dalam menghitung usia kehamilan dengan memanfaatkan rumus HPHT dengan mudah. Mengetahui usia kehamilan, akan semakin siap Anda untuk melakukan persiapan persalinan. Anda dapat mencari kebutuhan persalinan untuk buah hati Anda di orami.co.id dengan harga yang tejangkau serta berkualitas.